Tipu Korban Ratusan Juta, Terduga Calo Penerimaan Polri di Sulbar Resmi Jadi Tersangka

- Jurnalis

Kamis, 24 Maret 2022 - 15:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto Ilustrasi ( Foto kenali.com )

Foto Ilustrasi ( Foto kenali.com )

MAMUJU, indigo99.com | Seorang perempuan inisial RV asal Manado Provinsi Sulawesi Utara, resmi ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik Polresta Mamuju, atas kasus dugaan penipuan sebagai calo pada penerimaan anggota Polisi Republik Indonesia ( Polri ) di Polda Sulawesi Barat ( Sulbar ). Hari ini, Kamis 24 Maret 2022.

Dikonfirmasi kepada Kasat Reskrim Polresta Mamuju, AKP Rigan Hadi Negara, kepada indigo99.com, membenarkan adanya korban penipuan asal Kecamatan kalukku Kabupaten Mamuju, yang melapor di Polresta Mamuju, belum lama ini. Laporan korban adalah adanya dugaan penipuan yang dilakukan oleh tersangka, mulai dari penjulan obat kosmetik hingga mengiming – imingi korban untuk anaknya bisa masuk Polri. Korban diduga memberikan sejumlah uang kepada tersangka dengan jumlah kerugian capai ratusan juta rupiah, agar anak korban bisa lolos masuk jadi Polisi. Namun yang terjadi, korban mengakui uang miliknya sudah banyak mengalir ke tesangka, tetapi apa yang dijanjikan tersangka tidak membuhkan hasil.

Lanjut kata Riga, bahwa terduga pelaku sudah dinaikkan statusnya menjadi tersangka setelah penyidik memiliki Dua alat bukti yang cukup. Salah satu bukti yang dimiliki adalah catatan pengeluaran uang milik korban kepada tersangka.

“Iya soal kasus itu, malam ini sudah kami tetapkan tersangka setelah penyidik sudah memiliki Dua alat bukti yang cukup, “ kata Kasat Reskrim Polresta Mamuju, saat dihubungi via telepon.

Masih dia, setelah malam ini penyidik menaikkan status terlapor menjadi tersangka, malam ini tersangka RV akan dilanjutkan penahanan.

“ Iya setelah diperiksa karena statusnya sudah tersangka, malam ini juga kami akan tahan dia, “ tegas Rigan.

Baca Juga :  Menyeruak Aroma Korupsi Dugaan Pengadaan Alkes 2,5 Miliar Dinkes Kabupaten Mamuju

Lanjut Rigan menjelaskan, bahwa modus tersangka diduga melakukan penipuan terhadap korban awalnya korban dengan tersangka berteman. Gara – gara berteman, sehingga tersangka menawarkan barang kosmetik kepada korban hingga berani terbuka kepada korban untuk mengiming – imingi bersedia membantu meloloskan anak korban masuk jadi anggota Polri.

Masih dia, informasi dari korban bahwa tersangka RV sempat membawa korban ke Jakarta, untuk bertemu salah seorang petinggi Polri, namun apa yang dijanjikan jauh dari harapan hingga korban hanya bisa gigit jari.

“ Katanya korban, sempat dibawa ke Jakarta oleh tersangka soal pengurusan anaknya masuk Polisi, namun saat itu juga tidak membuahkan hasil, “ jelasnya.

Sementara seorang korban atas nama Gita Susanti, melalui Lowyernya Apriadi Basri, S.H., M.H dengan Agus Purnomo, S.H. kepada indigo99.com mengakui, bahwa kejadian ini kliennya mengalami kerugian besar kisaran Ratusan juta rupiah, dan emas 50 gram raib serta satu unit laptop.

“ Bahwa klien kami ini sudah jelas korban atas dugaan tipu muslihat tersangka, kalau tidak salah ya sudah Ratusan Juta rupiah belum masuk Emas 50 gram dan laptop. Klien kami anaknya mau dia urus masuk Polri atas bantuan tersangka tapi kenyataannya tidak ada. Bahkan klien kami sempat lagi di bawah ke Jakarta yang katanya mau ketemu petinggi Polri disana, malah tidak jelas apa yang dibahas disana, “ ungkap Apriadi Basri.

Baca Juga :  Baru Sehari Dilantik, Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Langsung Layangkan Surat ke Ini

Masih Apriadi, awal mulanya kliennya berteman melalui akun Facebook diperkirakan pada pertengahan Bulan November 2021. Dan saat itu keduanya berteman akrab hingga tersangka menawarkan krim kosmetik. Dari pertemanan itu kata Basri, tersangka RV leluasa meminta bantu kepada korban bahkan mendengar anak korban ingin masuk Polisi di bulan Januari 2022, si tersangka berani menawarkan diri untuk membantu masuk menjadi anggota Polri dengan alasan punya teman petinggi Polri di Jakarta.

“ klien kami, tersangka undang berteman melalui FB. Saat akrab, tersangka jual krim korban meskipun tidak sesuai dengan harga. Dan akhirnya tersangka buka ruang menawarkan anaknya untuk masuk Polri dengan alasan tersangka punya teman petinggi Polri di Jakarta. Namun disaat di Jakarta hasilnya nihil, tidak satupun dibahas soal pertemuan yang dimaksud, ” jelasnya

Pengacara muda yang akrab disapa Da’ding itu, berharap kepada Polresta Mamuju, agar benar – benar atensi menangani kasus yang mencatut nama Polri ini khususnya Polda Sulbar. Sehingga kedepan, penerimaan Polri di Sulbar tidak dinodai adanya ulah oknum – oknum seperti ini yang bisa merusak citra Polri terkhusus Polda Sulbar.

“ Tentu kami berharap kepada Polresta Mamuju, agar benar – benar mengungkap kasus ini. Kita tidak tahu, apakah ada korban lain atau tidak. Apalagi tersangka mengiming – imingi agar korban bisa lolos masuk Polisi. Namun kenyataannya, uang dan harta korban habis di kuras, “ pungkas Apriadi. ***

Pewarta indigo99.com : Adji

Berita Terkait

Kades Dusunan Barat Bersama Sekdesnya Jadi Tersangka Korupsi 
Proyek Alkes Dinkes Mamuju 2,5 Miliar, Rekanan Diperiksa
Lomba Balap Katinting Piala MP2 Resmi Ditutup, Katinting Pasir Putih Tercepat 
Hidupkan Olahraga Tradisional, MP2 Bersama Yudis Friend Gelar Lomba Katinting 
Sedang Mandi, Pria di Tampalang Nyaris Tewas Diserang Buaya
Seorang Ayah Minta Keadilan kepada Kapolda Sulbar, Anaknya Babak Belur Pelaku Belum Ditangkap 
Kajari Mamuju dan Kajari Polman Hingga Aswas Masuk Daftar Mutasi Kejagung RI 
Pejabat Baru Kajati dan Wakajati Sulbar Diisi Nama ini
Berita ini 3,889 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 27 Mei 2024 - 17:43 WIB

Kades Dusunan Barat Bersama Sekdesnya Jadi Tersangka Korupsi 

Senin, 27 Mei 2024 - 12:24 WIB

Proyek Alkes Dinkes Mamuju 2,5 Miliar, Rekanan Diperiksa

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:01 WIB

Lomba Balap Katinting Piala MP2 Resmi Ditutup, Katinting Pasir Putih Tercepat 

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:43 WIB

Hidupkan Olahraga Tradisional, MP2 Bersama Yudis Friend Gelar Lomba Katinting 

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:19 WIB

Sedang Mandi, Pria di Tampalang Nyaris Tewas Diserang Buaya

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:32 WIB

Kajari Mamuju dan Kajari Polman Hingga Aswas Masuk Daftar Mutasi Kejagung RI 

Kamis, 23 Mei 2024 - 06:31 WIB

Pejabat Baru Kajati dan Wakajati Sulbar Diisi Nama ini

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:43 WIB

Program Tanam Sukun Pj Bahtiar Tuai Sorotan, 4 Program Kementan RI Terabaikan?

Berita Terbaru

YOVISTRA Antropometri  Full Set II  Ibu , Bayi dan Anak + Koper.(F ilustrasi /Yovistra)

Headline

Proyek Alkes Dinkes Mamuju 2,5 Miliar, Rekanan Diperiksa

Senin, 27 Mei 2024 - 12:24 WIB

error: Content is protected !!