Tersangka Korupsi Sukri Umar Prapradilankan Kejari Mamuju

- Jurnalis

Senin, 14 November 2022 - 07:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Suasana persidangan Prapradilan di PN Mamuju dengan agenda acara  pemeriksaan permohonan pemohon kuasa huum tersangka Sukri Umar.(indigo99/Foto)

Suasana persidangan Prapradilan di PN Mamuju dengan agenda acara pemeriksaan permohonan pemohon kuasa huum tersangka Sukri Umar.(indigo99/Foto)

MAMUJU, indigo99.com | Dinilai ada dugaan kejanggalan penangan hukum tersangka korupsi pengadaan bibit untuk lahan tandus atas nama Sukri Umar. Kuasa hukum tersangka, melakukan upaya hukum dengan melakukan praperadilan terhadap Kejari Mamuju sebagai termohon.

Hari ini, Senin 14 November 2022, Kuasa hukum terdakwa selaku pemohon mengikuti sidang prapradilan yang digelar di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Mamuju, dan dihadiri penyidik Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Mamuju selaku termohon.

Acara persidangan dengan hakim tunggal, yang dipimpin langsung Majelis hakim Maslikan SH, terlihat telah memeriksa materi permohonan pemohon yang diajukan oleh kuasa hukum tersangka Sukri Umar. Dalam sidang prapradilan ini, majelis hakim menetapkan jadwal pelaksanaan sidang selanjutnya yang telah disepakati antara pemohon dan termohon.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dalam pemeriksaan materi pemohon, majelis hakim meminta bahwa hari ini seharusnya bisa dibacakan jawaban dari termohon. Namun pihak termohon belum siap membacakan sehingga besok Selasa tanggal 15 November 2022, baru pembacaan jawaban oleh termohon.

“ Hari ini, pemeriksaan materi permohonan sudah selesai. Dan saya kira bisa dibacakan hari ini, kalau tidak bisa hari ini, saya kira bisa besok sudah ada jawaban dari termohon, ya, kalau tidak bisa kami anggap termohon tidak bisa, “ kata Maslikun di hadapan pemohon dan termohon.

Baca Juga :  Berhasil Ungkap Kasus OTT Hingga Narkoba, 2 Satker Diganjar Penghargaan

Hakim meminta kedua belah pihak bisa mengajukan jawaban termasuk saksi dan Keduanya harus menyiapkan saksi pada sidang berikutnya sebelum diputuskan.

“ Hari kamis bukti surat pemohon dan bukti surat termohon. Dan saksi pemohon dan saksi termohon kalau ada saksi diminta disiapkan. Dan hari jumat kesimpulan, dan kalau nanti ada replik dan duplik kami akan berikan kesempatan dan kami akan stop sidangnya, ok kalau sepakat tandatangani kesepakatan, “ ujarnya.

Kuasa hukum terdakwa, Nasrun, SH kepada indigo99 mengatakan, salahsatu alasan melakukan permohonan prapradilan ke PN Mamuju ini ditengarai adanya dugaan penanganan hukum oleh termohon terhadap kliennya yang tidak prosedural.

“ Kami anggap penetapan tersangka klien kami tidak jelas dan tidak cukup bukti keterlibatan klien kami. Kalau soal Pokir kan bukan sesuatu yang dilarang dan itu harus dilakukan oleh DPRD,” kata Nasrun, yang optimis permohonannya diterima.

Baca Juga :  Kabar Pasien Nelayan Tidak Dilayani BPJS, ini Klarifikasi BPJS Kesehatan Mamuju

Masih Nasrun, dari hasil sidang perdana prapradilan atas permohonanya mengaku, hari Rabu akan menyipakan bukti surat dan selanjutnya mengajukan permohonan saksi.

“ Dua alat bukti sudah kami siapkan untuk sidang lanjutan pada hari Rabu mendatang dan dua saksi yang telah kami siapkan, “ singkat Nasrun.

Ditempat yang sama, Kasi Pidsus Kejari Mamuju, Andi Taufik, juga memberikan keterangan kepada Media indigo99.com dan mengaku akan memanfaatkan waktu yang diberikan oleh majelis hakim termasuk jawab yang semestinya dibacakan hari ini, namun akan dibacakan jawaban besok selasa yang tanggal 15 November 2022.

“Memang ada waktu yang diberikan oleh Majelis Hakim dan waktu itu akan dimanfaatkan dan besok baru kami bacakan jawabanya ya, “ katanya sambil berlalu.

Seperti diketahui, sidang prapradilan oleh pemohon Sukri Umar, kembali digelar dengan agenda pembacaan jawaban dari termohon.

Pewarta indigo99 : Aji

Berita Terkait

Dua Tersangka Mantan Aparat Desa Salugatta Siap Disidangkan
Pagi Tadi, Seorang Pegawai KPU Mateng Ditemukan Meninggal di Kamar Hotel 109
Bawaslu Majene Telusuri Dugaan Kasus Money Politik, Seorang Caleg DPR RI Dimintai Keterangan
Kabar Pasien Nelayan Tidak Dilayani BPJS, ini Klarifikasi BPJS Kesehatan Mamuju
Bupati Mamuju Sutinah Terima Penghargaan HAM
Dorong Promosi Tenun Sekomandi, Bupati Mamuju Keluarkan Edaran Untuk ASN
Pasien Nelayan Asal Kabuloang Sempat Tersandera, Pihak BPJS Kesehatan Mamuju Masih Bungkam
Bupati Mamuju Sutinah Pastikan Stok Bahan Pangan di Bulog Aman
Berita ini 1,075 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 29 Februari 2024 - 23:08 WIB

Kabar Pasien Nelayan Tidak Dilayani BPJS, ini Klarifikasi BPJS Kesehatan Mamuju

Kamis, 29 Februari 2024 - 15:33 WIB

Bupati Mamuju Sutinah Terima Penghargaan HAM

Rabu, 28 Februari 2024 - 13:02 WIB

Bupati Mamuju Sutinah Pastikan Stok Bahan Pangan di Bulog Aman

Rabu, 28 Februari 2024 - 12:56 WIB

Harga Beras Melambung, Ini Kata Bupati Mamuju Sutinah

Rabu, 28 Februari 2024 - 11:45 WIB

Astaga! Tak Mampu Bayar Biaya Pengobatan 30 Juta, Seorang Pasien RS Regional Tersandera

Rabu, 28 Februari 2024 - 09:36 WIB

Kumham Sulbar Rakor Sistem Keamanan Peredaran Doktrin Kelompok Terorisme

Rabu, 28 Februari 2024 - 08:03 WIB

Tingkatkan Kemampuan Kehumasan Polri, Humas Polda Perlu Sertifikasi

Selasa, 27 Februari 2024 - 20:04 WIB

Harga Sembako Meroket, PMII Mamuju Desak Pemerintah Turun Tangan

Berita Terbaru

Advertorial

Bupati Mamuju Sutinah Terima Penghargaan HAM

Kamis, 29 Feb 2024 - 15:33 WIB

error: Content is protected !!