Tambahkan 7 Herbal Berikut ke dalam Makanan, Ini Manfaatnya

- Jurnalis

Senin, 4 Oktober 2021 - 12:42 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi Herbal.

Ilustrasi Herbal.

indigo99.com | Aneka masakan Indonesia dikenal kaya akan beragam bumbu dan herbal. Tak hanya menyedapkan rasa makanan, herbal ini juga memberi manfaat kesehatan bagi tubuh.

Melansinsir Sunday Riley, menurut catatan dokter neuropati dan ahli gizi klinis David Friedman, ND, DC, banyak herbal yang mengandung antioksidan 50 kali lebih banyak daripada apel, serta sifat anti-inflamasi yang memungkinkan untuk menghambat kerusakan sel.

Tertarik mendapatkan efek terbaik dari herbal yang ditambahkan ke dalam makanan? Ini dia beberapa jenis herbal yang baik untuk kesehatan.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

1. Rosemary
Jika kamu pernah mengalami sulit untuk berkonsentrasi dan sulit fokus, rosemary bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Dalam Jurnal Therapeutic Advances in Phychopharmacology disebutkan bahwa menghirup rosemary dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini karena rosemary kaya akan carnosol dapat mencegah pembentukan senyawa penyebab kanker HCA (Amina Aromatik Heterosiklik) yang terbentuk selama proses pemanggangan daging.

Rosemary dapat ditambahkan sebagai bumbu pada makanan apapun, mulai dari daging hingga sayuran.

2. Kunyit
Selama berabad–abad kunyit digunakan dalam pengobatan India kuno untuk menyembuhkan banyak masalah kesehatan, termasuk masalah pencernaan, radang sendi, nyeri haid, kelainan darah, dan bahkan penyakit kulit. Kunyit biasanya digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan hingga jamu. Dan yang terpenting, kunyit sangat mudah didapat.

3. Kemangi
Selanjutnya ada kemangi, ramuan lezat yang mungkin sudah pernah kamu makan berkali–kali, terutama saat menikmati masakan Italia atau Thailand. Kemangi telah digunakan oleh lebih dari 300 perawatan herbal Ayurveda yang berusia ribuan tahun.

Salah satu manfaat kemangi adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Kemangi juga memiliki sifat anti bakteri dan anti inflamasi, dan bisa disantap bersama lalapan, salad, pizza dan makanan lainnya.

4. Peppermint
Mungkin kamu telah mengenal peppermint yang disajikan kedalam berbagai minuman. Ramuan peppermint ini bersifat karminatif, yang menenangkan pencernaan dan berguna dalam meredakan mual dan muntah.

Selain itu peppermint digunakan sebagai minyak aromatik untuk menenangkan pikiran. Kamu juga bisa menggunakan peppermint ini sebagai campuran teh jika merasa tidak enak badan.

5. Echinacea
Berikutnya ada Echinacea yang sudah lama dikenal sebagai tanaman pengobatan yang dapat digunakan sebagai ramuan antivirus dan anti-mikroba. Echinacea telah digunakan untuk meningkatkan sel darah putih, yang dapat membantu melawan pilek dan batuk.
Echinachea dapat dikonsumsi dengan berbagai cara, misalnya dalam bentuk cair untuk mengatasi sakit tenggorokan karena juga dapat digunakan sebagai obat kumur. Echinacea juga dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul atau teh.

6. Sage
Tanaman lainnya yaitu sage yang mempunyai manfaat cukup menarik terutama dalam hal kognisi. Sage (Genus Salvia) telah dikenal sejak lama dan digunakan sebagai terapi untuk masalah pencernaan dan sirkulasi, bronchitis, batuk, asma, masalah ingatan, angina, radang mulut, tenggorokan, depresi dan keringat berlebih. Sage umumnya digunakan dalam makanan, sebagai bumbu dan rempah.

7. Thyme
Selain menjadi bumbu kuliner yang popular, thyme memiliki kemampuan untuk membunuh kuman yang mengesankan. Bahan aktif dalam thyme (thymol) digunakan untuk obat kumur, sabun, hingga pasta gigi. Thyme obat tradisional yang berguna juga untuk mengatasi flu, bronchitis, alergi musiman, atau serangan asma. Cara terbaik untuk menikmati thyme dengan menggunakannya sebagai bumbu ke dalam makanan apapun. Elisa Naomi / suara.com

 

Berita Terkait

Pantang Lemas, Ini 9 Tips agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa!
7 Cara Minum Kopi Yang Lebih Sehat Saat Sahur
Bisa Manfaatkan yang Ada di Kulkas, Sederet Cara Mengobati Asam Urat dengan Obat Tradisional
Bisa Jadi Gejala Serangan Jantung, Waspadai Nyeri Lengan Seperti Ini
5 Obat Batuk Kering Tradisional Bisa Dibuat Sendiri di Rumah
Kolesterol Berhasil Turun dengan Air dari 3 Rebusan Daun Ini
Tips Berhenti Merokok : Lakukan 10 Langkah ini Untuk Berhenti Merokok
Nyeri Dada Sebelah Kiri Hilang Timbul, inilah Penyebab dan Penanganannya
Berita ini 44 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 12 April 2024 - 21:28 WIB

11 Orang Terpidana Korupsi di Rutan Mamuju Dapat Remisi Khusus  

Jumat, 12 April 2024 - 10:56 WIB

Sehari Lebaran Idul Fitri, Seorang Warga Belang – Belang Dikabarkan Hilang

Selasa, 9 April 2024 - 23:07 WIB

Seorang Pemuda Tewas Dikeroyok, Kades Dungkait Sesalkan

Selasa, 9 April 2024 - 20:09 WIB

Malam ini, Puluhan Penumpang Batik Air Terlantar di Bandara Tampa Padang

Selasa, 9 April 2024 - 15:39 WIB

Tidak Terima Anaknya Tewas Dianiaya di Lokasi Sarang Walet, Orang Tua Korban Laporkan Pelaku

Minggu, 7 April 2024 - 18:13 WIB

Bus Borlindo VS Truk Car carrier 4 Tewas Ditempat

Minggu, 7 April 2024 - 06:53 WIB

Jama’ah Masjid Baitul Anwar Dapat Paket Lebaran dari Pj Gubernur Sulbar

Minggu, 7 April 2024 - 04:48 WIB

Bawa Lari Uang 100 Juta Milik Toko Bangunan, Residivis Kembali Dicekok Polisi

Berita Terbaru

Foto Ilustrasi pengeroyokan.

Headline

Seorang Pemuda Tewas Dikeroyok, Kades Dungkait Sesalkan

Selasa, 9 Apr 2024 - 23:07 WIB

error: Content is protected !!