Sekda Mateng Askary Sebut Gerakan Pramuka Wadah Pembinaan Karakter Generasi Muda

- Jurnalis

Rabu, 12 Januari 2022 - 23:26 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MATENG, indigo99.com | Kwartir cabang ( Kwarcab ) Gerakan Pramuka Mamuju Tengah launching Program Pencapaian Pramuka Garuda Kwartir Cabang Mamuju Tengah dengan ditandai penyematan tanda penghargaan orang dewasa ( TPOD ), Rabu 12 Januari 2022. Kegiatan yang dilaunching oleh Sekda Mamuju Tengah, Askary Anwar, bertujuan untuk menjadi wadah pembinaan karakter generasi muda,

Dalam sambutan Askary Anwar, menyampaikan ucapan selamat kepada kakak-kakak yang baru saja mendapat penghargaan Lencana Pancawarsa.

Kata dia, Misi gerakan pramuka ini mengedepankan pendidikan watak, kepribadian, dan budi pekerti luhur serta memberikan pembekalan kecakapan hidup agar menjadi kader pembangunan yang handal di masa depan.

ADVERTISEMENT

ads.

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Bagi generasi muda, pembentukan karakter bangsa amat penting dan menentukan nasib bangsa di masa depan, hanya bangsa yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif, dan bekerja keraslah yang dapat mendorong kemajuan dan keberhasilan,” sebut Askary.

Kata Askary, hari ini dan masa depan memerlukan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh komponen bangsa gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor membudayakan diri, senang bekerja keras secara cerdas dan ikhlas, bangun nilai, sikap dan perilaku ini sejak dini melalui berbagai kegiatan gerakan senang bekerja keras secara cerdas dan ikhlas bangun nilai-nilai sikap dan perilaku ini sejak dini melalui berbagai kegiatan gerakan Pramuka.

Baca Juga :  Nama Asri Anas Mencuat Maju di Pilgub Sulbar, PABPDSI Sulbar Gas Full

“Tantangan negeri kita pasca krisis adalah bagaimana membangun kembali negeri ini, kaum muda haruslah menjadi agen dan pelopor perubahan, negeri ini akan menjadi maju dan sejahtera apabila pembangunan dapat terlaksana dengan baik, kenalkan dan libatkan kaum muda dalam kegiatan yang mengarah dan menjadi bagian dalam pembangunan nasional melalui karya-karya yang nyata,” ujar Askary.

Pendidikan dan Pelatihan kepramukaan kata Askary, harus melahirkan generasi muda bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, didiklah Pemuda sedini mungkin untuk tidak membeda-bedakan identitas, seperti agama, etnis, suku kedaerahan dengan tujuan yang negatif. Watak nasionalisme akan tercermin dalam perilaku yang senantiasa lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan diri dan golongan.

“Maka dari itu atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah, sangat berharap kepada kakak-kakak yang baru saja menerima penghargaan pancawarsa agar kiranya selalu berupaya untuk mengembangkan diri, guna membina anak-anak kita agar kelak menjadi generasi yang dapat menjadi kebanggaan Mamuju Tengah,” pungkasnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Mateng, H. Arsal Aras dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada kakak-kakak yang dianugerahi lencana Pancawarsa. Hal ini sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi dan pengabdian yang tanpa batas sehingga Gerakan Pramuka masih jadi wadah pembinaan karakter bagi generasi muda,

Baca Juga :  Jama’ah Masjid Baitul Anwar Dapat Paket Lebaran dari Pj Gubernur Sulbar

Kwartir cabang Gerakan Pramuka Mamuju Tengah kata Arsal, sampai sekarang masih terus berbenah, maka dari itu dukungan dari semua pihak baik dari unsur pembina, mabigus, pimpinan satuan karya dan majelis pembimbing cabang sangat diharapkan.

“Penganugerahan pancawarsa ini kami harapkan menjadi pemantik semangat kakak-kakak sekalian, agar dapat lebih mengembangkan kemampuan sehingga kualitas pembinaan hingga ke gugusdepan semakin meningkat,” kata Arsal.

Kata Arsal, kedepan Kwartir Cabang Mamuju Tengah akan terus berupaya agar gerakan Pramuka semakin membumi di Kabupaten Mamuju Tengah.

“Impian kami semakin banyak yang memakai seragam coklat muda dan coklat tua yang di lehernya berkalung merah putih, itulah mengapa program pertama kami di tahun 2002 ini adalah program pencapaian Pramuka Garuda, yang di mana setiap gugus depan mengirimkan kader-kader terbaiknya untuk memenuhi persyaratan Pramuka Garuda,” ujar Arsal.

“Gugusdepan maupun di Satuan Karya dengan Pembina dan Pamong Saka yang tangguh, akan melahirkan Pramuka-Pramuka yang tangguh pula disertai dengan dukungan dari majelis pembimbing cabang, kami yakin gerakan Pramuka di Mamuju Tengah akan semakin bergiat,” sambungnya.**/ADV

 

 

Berita Terkait

Telorkan Puluhan Ranperda, Kolaborasi Pemerintah dengan DPRD Sulbar Dapat Pujian
Jama’ah Masjid Baitul Anwar Dapat Paket Lebaran dari Pj Gubernur Sulbar
Mantan Kabid PPD Ditunjuk Sebagai Plt Kadis Dikpora Kabupaten Majene  
Pj Gubernur Tegur Kadis Pendidikan Sulbar, 4 Pimpinan OPD di Sulbar Terancam Dievaluasi
Nama Asri Anas Mencuat Maju di Pilgub Sulbar, PABPDSI Sulbar Gas Full
Ramadhan Berkah, 32 PPPK di Lingkup Pemprov Sulbar Terima SK 
Diduga Gelapkan Solar Industri di Topoyo, 2 Tersangka Siap Disidangkan 
6 Kabupaten di Sulbar Terima Bantuan Pupuk Dari Mentan RI
Berita ini 29 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 14 April 2024 - 12:55 WIB

Kapolda Sulbar Imbau Masyarakat Saat Mudik Balik Utamakan Keselamatan

Minggu, 14 April 2024 - 11:15 WIB

Telorkan Puluhan Ranperda, Kolaborasi Pemerintah dengan DPRD Sulbar Dapat Pujian

Jumat, 12 April 2024 - 21:28 WIB

11 Orang Terpidana Korupsi di Rutan Mamuju Dapat Remisi Khusus  

Jumat, 12 April 2024 - 10:56 WIB

Sehari Lebaran Idul Fitri, Seorang Warga Belang – Belang Dikabarkan Hilang

Selasa, 9 April 2024 - 23:07 WIB

Seorang Pemuda Tewas Dikeroyok, Kades Dungkait Sesalkan

Selasa, 9 April 2024 - 15:39 WIB

Tidak Terima Anaknya Tewas Dianiaya di Lokasi Sarang Walet, Orang Tua Korban Laporkan Pelaku

Selasa, 9 April 2024 - 05:55 WIB

Jelang Lebaran Harga Tabung 3 Kg di Malunda Tembus 40 Ribu

Minggu, 7 April 2024 - 18:13 WIB

Bus Borlindo VS Truk Car carrier 4 Tewas Ditempat

Berita Terbaru

Foto Ilustrasi pengeroyokan.

Headline

Seorang Pemuda Tewas Dikeroyok, Kades Dungkait Sesalkan

Selasa, 9 Apr 2024 - 23:07 WIB

error: Content is protected !!