Satgas Saber Pungli UPP, Terus Pantau Pelayanan Publik di Prov. Sulbar

- Jurnalis

Jumat, 5 November 2021 - 05:27 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ket Foto : wakil gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, dalam membuka acara Saber Pungli.

Ket Foto : wakil gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, dalam membuka acara Saber Pungli.

Indigo99.com | Berantas pungutan liar ( Pungli ) di wilayah Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ) khususnya bagi penyelenggara Pemerintahan Daerah ( Pemda ). Pemerintah Provinsi Sulbar, meminta kepada satuan tugas ( Satgas ) sapu bersih pungutan liar ( Saber Pungli), untuk terus memantau pelayanan publik di wilayah Provinsi Sulbar.

Hal itu dikatakan oleh wakil gubernur Sulbar, Enny Anggraeni Anwar, dalam membuka acara Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar ( Saber Pungli). Kamis 4 November 2021.

Acara sosialisasi yang diselenggarakan oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Sulbar, yang bertempat di Ballroom salah satu Hotel di Polewali Mandar, mengusung tema”Melalui Sosialisasi Saber Pungli, Kita Tingkatkan Efisiensi dan Transparansi Pelayanan Publik Pada Instansi Pemerintah dan Masyarakat”.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Wakil Gubernur Sulbar, Enny Anggraeny Anwar mengatakan, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas ( Satgas ) Sapu Bersih Pungutan Liar, merupakan salah satu bagian dari kebijakan pemerintah, dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum dalam bentuk pembangunan pemerintahan yang bersih, jujur dan adil.

“Untuk mewujudkan hal ini perlu pemahaman kepada semua komponen masyarakat, karena kita tahu bahwa banyak kasus yang terjadi hanya karena kurangnya pemahaman terhadap regulasi yang berlaku,”kata Enny 

Baca Juga :  Pj Gubernur Sulbar Bangun Sinergi Pihak Bank, Kacab BRI Mamuju Lukman Suriah Dukung program Budidaya Pisang Cavendish

Untuk itu, menurutnya, sosialisasi itu merupakan salah satu alternatif yang terbaik untuk memberikan pemahaman terhadap berbagai aturan yang berkaitan dengan tugas pokok kita guna meminimalkan terjadinya pungli.

“Dengan dilaksanakannya Sosialisasi Saber Pungli untuk ASN di Polewali Mandar, saya harapkan dapat memberi motivasi yang sangat besar kepada ASN untuk mengatasi Saber Pungli di lapangan,”ujar Enny 

Enny mengatakan, melalui sosialisasi tersebut diharapkan dapat tercipta sinergi dalam pelaksanaan tugas Satgas Saber Pungli dengan Unit Pemberantasan Pungli Sulbar. 

“Apabila ada hal-hal yang penting, maka kepada seluruh anggota Satgas provinsi dan kabupaten untuk segera dibicarakan dengan Pimpinan Tertinggi UPP provinsi dan kabupaten, supaya kedepan Satgas lebih maju dan berprestasi,”imbau Enny

Enny mengaku sangat bangga kepada seluruh anggota Satgas Saber Pungli yang bertugas pada tahun ini. Ia berharap, agar semua personil yang tergabung dalam Satgas Saber Pungli tetap semangat  dan dapat melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh rasa tanggung jawab, guna mewujudkan situasi kehidupan masyarakat yang bebas pungli dan juga meningkatkan wibawa hukum, serta demi terwujudnya Sulbar yang Maju dan Malaqbi.

Melalui kesempatan itu, Enny menyampaikan, dengan kehadiran UPP Sulbar diharapkan masyarakat pada umumnya dapat memberikan informasi dan pengaduan jika menemukan adanya tindakan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan pungutan liar.

Baca Juga :  Menyambut Idul Adha 1445 H, Kanwil Kemenag Sulbar Akan Menyembelih Hewan Kurban 15 Ekor Sapi 

Sementara itu, Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli UPP Sulbar,  Irwasda Polda Sulbar, AKBP Benny Ganda Sudjana mengatakan, harapan besar dari kegiatan itu yakni meningkatnya kesadaran dari masyarakat dan tentunya ASN sebagai pelayan publik lebih taat kepada aturan dan ketentuan – ketentuan yang ada, tidak melakukan pungutan liar.

“Saya berharap, dengan terlaksananya sosialisasi ini masyarakat dapat lebih memahami tentang Saber Pungli, serta instansi pemerintah sebagai pelayan publik lebih taat terhadap aturan dan regulasi yang ada,”ucap Benny

Adapun sasaran Saber Pungli, kata Benny, adalah seluruh pelayanan publik yang ada di wilayah Sulbar, dengan harapan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten dapat mensupport setiap kegiatan dari Tim Saber Pungli.

“Dengan dukungan dari pemerintah daerah, kami berharap ke depan Saber Pungli Sulbar bekerja lebih maksimal,”tuturnya

Ia menambahkan, perlu diketahui kedepan struktur Saber Pungli akan diperbaharui dengan melibatkan berbagai instansi, seperti Ombudsman dan instansi lainnya.|**

Pewarta Indigo99.com: Adji

 

Berita Terkait

MP2 Sulbar Terus Tebar Kebaikan, 3 Warga Miskin di Polman Terima Bantuan
Menyambut Idul Adha 1445 H, Kanwil Kemenag Sulbar Akan Menyembelih Hewan Kurban 15 Ekor Sapi 
BPBD Sulbar dan Pengusaha Katering Sepakat : Dibayarkan Dalam Waktu Dekat ini
Pemprov Sulbar Lakukan Penanaman Perdana Pisang Cavendish di Mateng
Pj Bahtiar, Kunjungi Proyek Strategi Nasional DAM Budong – Budong
Pj Gubernur Sulbar Bangun Sinergi Pihak Bank, Kacab BRI Mamuju Lukman Suriah Dukung program Budidaya Pisang Cavendish
Sulbar Dengan Udara Terbersih di Indonesia, PJ Bahtiar Ajak Masyarakat Pertahankan Kebersihan
Pemprov Sulbar Peringati Hari Lingkungan Hidup, PJ Bahtiar Serahkan Penghargaan dan Bantuan Bibit
Berita ini 25 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 16 Juni 2024 - 23:17 WIB

MP2 Sulbar Terus Tebar Kebaikan, 3 Warga Miskin di Polman Terima Bantuan

Minggu, 16 Juni 2024 - 22:26 WIB

Tabung Gas di Karossa Lari ke Pengecer Harga Capai 35 Ribu Pertabung.

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:56 WIB

Menyambut Idul Adha 1445 H, Kanwil Kemenag Sulbar Akan Menyembelih Hewan Kurban 15 Ekor Sapi 

Minggu, 16 Juni 2024 - 11:44 WIB

Dukung Persepakbolaan Majene, MP2 Sulbar Sukses Jadi Sponsor Utama Lotim Cup I 

Sabtu, 15 Juni 2024 - 14:39 WIB

Kapolda Sulbar Ajak Warga Jaga Lingkungan Tidak Menebang Pohon Secara Sembarangan 

Jumat, 14 Juni 2024 - 20:19 WIB

Bangunan Los Pasar Karossa Terbengkalai, Berubah Fungsi Jadi Gudang

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:28 WIB

BPBD Sulbar dan Pengusaha Katering Sepakat : Dibayarkan Dalam Waktu Dekat ini

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:21 WIB

Raja Gowa ke 38 Andi Kumala Idjo Akan Kembali ke Istana Balla Lompoa

Berita Terbaru

error: Content is protected !!