Pemda Mateng Gelar Musrembang, Ini Program Prioritas Tahun 2023

- Jurnalis

Jumat, 25 Maret 2022 - 22:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MATENG, indigo99.com | Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah ( Mateng ), menggelar Musyawarah Perencanaan Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang ) Rencana Pembangunan Pemerintah Daerah ( RKPD ) Kabupaten Mateng tahun 2023.

Dengan tema “Optimalisasi Pembangunan Infrastruktur Pelayanan Dasar dan Daya Saing Perekonomian Daerah”. Musrenbang RKPD Kabupaten Mamuju Tengah tahun 2023 berlangsung di Aula Kantor Bupati Mamuju Tengah, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Mamuju Tengah, H. Muh. Amin Jasa, Jumat 25 Maret 2022.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bappeda Provinsi Sulbar, Kapolres Mamuju Tengah, Sekdakab Mateng, Pabung Mateng Kodim 1418 Mamuju, Kepala Bappeda Mateng, Para Asisten Sekda Mateng, Kepala OPD Lingkup Pemkab Mateng, Kemenag Mateng, Para Camat se Kabupaten Mateng, Ketua Baznas Mateng, Perbankan Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, TP PKK Mateng, serta DWP Mateng.

ADVERTISEMENT

ads

SCROLL TO RESUME CONTENT

Kepala Bappeda, Litha Febriani mengatakan, Program dan kegiatan itu tidak boleh ada tanpa ada masalah yang lahir, karena itu program dan kegiatan ada karena ada masalah yang dijawab, kesenjangan yang dijawab.

“Bagaimana kita mengukur kesenjangan dan melihat kesenjangan itu dari capaian-capaian kinerja daerah. Bukan hanya capaian dari target kinerja daerah kita yang lihat, tetapi ketika kita ingin berkembang sama atau bahkan lebih maju dari daerah lain, maka kita juga harus melihat kesenjangan-kesenjangan yang ada antar provinsi atau kabupaten ke provinsi maupun tingkat nasional,” kata Litha.

Baca Juga :  Bangunan Los Pasar Karossa Terbengkalai, Berubah Fungsi Jadi Gudang

Lanjutnya, dari capaian indikator kinerja ekonomi sosial dan indikator kinerja kunci akhirnya kita melihat ada permasalahan-permasalahan yang harus kita jawab dalam bentuk program dan kegiatan, yakni tertinggalnya perkembangan kualitas manusia, terbatasnya kapasitas infrastruktur dan wilayah, rendahnya daya saing perekonomian rakyat, kemiskinan dan kesenjangan dan rendahnya kepuasan masyarakat terhadap layanan publik.

Dari proses pendekatan perencanaan yang berorientasi proses ini mulai teknokratik sampai button up kata Litha, kita sudah mendengarkan dan menerima penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD Mateng itu sebanyak 297 dan 636 usulan musrenbang kecamatan dari semua desa di Kabupaten Mamuju Tengah.

“Dengan arah prioritas pembangunan kabupaten mamuju tengah tahun 2023 yaitu Pembangunan infrastruktur dasar pendidikan, kesehatan dan layanan publik. Penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan kesehatan berkualitas. Peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Pembangunan infrastruktur wilayah secara merata di perkotaan dan perdesaan. Pengembangan hilirisasi unggulan daerah secara bertahap. Pembangunan UMKM produktif berbasis sumber daya unggulan lokal. Penciptaan iklim investasi yang kondusif. Perluasan jangkauan pelayanan air dan energi. Memperkuat ketahanan pangan lokal. Pembangunan dan pengembangan kegiatan ekonomi ramah lingkungan. Deteksi dini dan pencegahan konflik sosial politik, antar etnis, pertanahan serta ketentraman dan ketertiban umum,” ungkapnya.

Baca Juga :  BPBD Sulbar dan Pengusaha Katering Sepakat : Dibayarkan Dalam Waktu Dekat ini

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Mateng, H. Muh. Amin Jasa juga menyampaikan Musrenbang RKPD ini bertujuan untuk menyusun rencana pembangunan daerah Kabupaten Mateng tahun 2023, yang akan datang dengan mengacu pada pencapaian visi dan misi Bupati dan wakil Bupati Mateng.

“Pada tahapan ini kita akan melakukan sinergitas, sinkronisasi sekaligus evaluasi terhadap pelaksanaan pembangunan daerah. Pada tahapan tersebut tentunya diwarnai dengan banyaknya usulan, hal ini menjadi bukti bahwa kita semua memiliki semangat yang sangat besar dalam membangun dan memajukan daerah kita bumi Lalla Tassisara ini,” ujar Amin Jasa.

Amin Jasa berharap peran aktif para pemangku kepentingan untuk kegiatan musrenbang ini, karena peran dan komitmen dari para pemangku kepentingan menjadi kunci keberhasilan program pembangunan, dengan tetap memperhatikan skala program prioritas yang bersifat urgen dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“Dengan keterbatasan fiskal daerah harus kita siasati dengan bijak sehingga program pembangunan yang kita rencanakan ke depan benar-benar menyentuh kehidupan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Mateng,” tutupnya./ADV

 

Berita Terkait

MP2 Sulbar Terus Tebar Kebaikan, 3 Warga Miskin di Polman Terima Bantuan
Tabung Gas di Karossa Lari ke Pengecer Harga Capai 35 Ribu Pertabung.
Menyambut Idul Adha 1445 H, Kanwil Kemenag Sulbar Akan Menyembelih Hewan Kurban 15 Ekor Sapi 
Bangunan Los Pasar Karossa Terbengkalai, Berubah Fungsi Jadi Gudang
BPBD Sulbar dan Pengusaha Katering Sepakat : Dibayarkan Dalam Waktu Dekat ini
Pemprov Sulbar Lakukan Penanaman Perdana Pisang Cavendish di Mateng
Pj Bahtiar, Kunjungi Proyek Strategi Nasional DAM Budong – Budong
Penyedia Katering di Mateng Mengeluh, Nasi Kotak di HKB Belum Dibayar BPBD Sulbar 
Berita ini 23 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 16 Juni 2024 - 23:17 WIB

MP2 Sulbar Terus Tebar Kebaikan, 3 Warga Miskin di Polman Terima Bantuan

Minggu, 16 Juni 2024 - 22:26 WIB

Tabung Gas di Karossa Lari ke Pengecer Harga Capai 35 Ribu Pertabung.

Minggu, 16 Juni 2024 - 12:56 WIB

Menyambut Idul Adha 1445 H, Kanwil Kemenag Sulbar Akan Menyembelih Hewan Kurban 15 Ekor Sapi 

Minggu, 16 Juni 2024 - 11:44 WIB

Dukung Persepakbolaan Majene, MP2 Sulbar Sukses Jadi Sponsor Utama Lotim Cup I 

Sabtu, 15 Juni 2024 - 14:39 WIB

Kapolda Sulbar Ajak Warga Jaga Lingkungan Tidak Menebang Pohon Secara Sembarangan 

Jumat, 14 Juni 2024 - 20:19 WIB

Bangunan Los Pasar Karossa Terbengkalai, Berubah Fungsi Jadi Gudang

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:28 WIB

BPBD Sulbar dan Pengusaha Katering Sepakat : Dibayarkan Dalam Waktu Dekat ini

Jumat, 14 Juni 2024 - 19:21 WIB

Raja Gowa ke 38 Andi Kumala Idjo Akan Kembali ke Istana Balla Lompoa

Berita Terbaru

error: Content is protected !!