Kakanwil Kumham Sebut Ada 13 Ormas Baru

- Jurnalis

Kamis, 16 Juni 2022 - 13:31 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SULBAR, indigo99.com | Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat ( Sulbar ), Faisol Ali menyebut bahwa di Sulawesi Barat setidaknya terdapat 13 organisasi kemasyarakatan ( Ormas ) baru yang mendaftar sebagai badan hukum, sedangkan data nasional untuk partai politik, telah terdaftar sebanyak 132 partai politik.

Hal itu diungkapkannya saat pelaksanaan sosialisasi layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) tentang Partai Politik dan Organisasi Kemasyarakatan di Wilayah Sulbar, di Grand Maleo Hotel Mamuju, (16/6)

Kakanwil Faisol Ali menyebut organisasi kemasyarakatan dan partai politik yang berkembang pesat merupakan implementasi pasal 28 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Yang menyatakan bahwa setiap orang diberikan kebebasan untuk berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat merupakan bagian dari hak asasi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam NKRI” lanjutnya

Faisol Ali menambahkan, ormas dengan segala bentuknya hadir, tumbuh dan berkembang sejalan dengan sejarah perkembangan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :  Polairud Ungkap Kasus Ilegal Fhising, Amankan 3 Pelaku dan 88 Botol Handak

Dijelaskan, dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Negara Republik Indonesia, ormas merupakan wadah utama dalam pergerakan kemerdekaan di antaranya Boedi Oetomo, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, dan ormas lain yang didirikan sebelum kemerdekaan Republik Indonesia.

“Peran dan rekam jejak ormas yang telah berjuang secara ikhlas dan sukarela tersebut mengandung nilai sejarah dan merupakan aset bangsa yang sangat penting bagi perjalanan bangsa dan negara,” paparnya.

Pemerintah, lanjutnya, menjamin kemerdekaan berserikat, berkumpul, dan berpendapat. “Salah satunya adalah dengan mempermudah proses pengesahan badan hukum perkumpulan atau ormas” tuturnya

Pertumbuhan jumlah ormas, sambung Faisol, sebaran dan jenis kegiatan ormas dalam kehidupan demokrasi makin menuntut peran, fungsi dan tanggung jawab ormas untuk berpartisipasi dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia, serta menjaga dan memelihara keutuhan dan kedaulatan NKRI.

“Untuk itu, Pemerintah terus menghimbau kepada partai politik dan organisasi kemasyarakatan yang ada, khususnya di Sulbar untuk memperkuat perannya sebagai pemersatu bangsa, memenuhi kaidah sebagai ormas yang sehat, ormas yang demokratis, profesional, mandiri, transparan, dan akuntabel,” tambahnya.

Baca Juga :  Tersangka Korupsi Kades Limbong Dilimpahkan ke Jaksa 

Tak hanya itu, Faisol Ali menegaskan sebentar akan memasuki tahun politik, oleh karena itu, Ia mengingatkan kepada peserta, jangan sampai kita berperan untuk melakukan provokasi negatif demi meraup suara dalam kontestasi pemilu.

“Mari bersama-sama dengan pemerintah untuk menjaga kesatuan di Sulbar, sehingga kita tercatat dalam sejarah karena memberikan kontribusi positif dalam pembangunan hukum di Sulbar, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pembangunan hukum di Sulbar,” tutupnya.

Pelaksanaan kegiatan itu melibatkan Narasumber, Ketua KPU Sulbar Rustang, Kanan Kesbangpol Sulbar Herdin Ismail, Kepala Sub. Direktorat Partai Politik Direktorat Tata Negara Tjasdirin, Kabid Pelayanan Hukum Abdullah dan Akademisi Universitas Tomakaka Wardin. Serta peserta dari sejumlah pihak partai politik dan organisasi kemasyarakatan.

 

Berita Terkait

Proyek Alkes Dinkes Mamuju 2,5 Miliar, Rekanan Diperiksa
Hidupkan Olahraga Tradisional, MP2 Bersama Yudis Friend Gelar Lomba Katinting 
Sedang Mandi, Pria di Tampalang Nyaris Tewas Diserang Buaya
Kajari Mamuju dan Kajari Polman Hingga Aswas Masuk Daftar Mutasi Kejagung RI 
Pejabat Baru Kajati dan Wakajati Sulbar Diisi Nama ini
Soal Upal. HMI Cabang Mamuju Gelar Aksi
Wapres Ma’ruf Amin Kukuhkan KDEKS Sulbar.
Tersangka Korupsi Kades Limbong Dilimpahkan ke Jaksa 
Berita ini 160 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 27 Mei 2024 - 17:43 WIB

Kades Dusunan Barat Bersama Sekdesnya Jadi Tersangka Korupsi 

Senin, 27 Mei 2024 - 12:24 WIB

Proyek Alkes Dinkes Mamuju 2,5 Miliar, Rekanan Diperiksa

Minggu, 26 Mei 2024 - 19:01 WIB

Lomba Balap Katinting Piala MP2 Resmi Ditutup, Katinting Pasir Putih Tercepat 

Sabtu, 25 Mei 2024 - 17:43 WIB

Hidupkan Olahraga Tradisional, MP2 Bersama Yudis Friend Gelar Lomba Katinting 

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:19 WIB

Sedang Mandi, Pria di Tampalang Nyaris Tewas Diserang Buaya

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:32 WIB

Kajari Mamuju dan Kajari Polman Hingga Aswas Masuk Daftar Mutasi Kejagung RI 

Kamis, 23 Mei 2024 - 06:31 WIB

Pejabat Baru Kajati dan Wakajati Sulbar Diisi Nama ini

Rabu, 22 Mei 2024 - 17:43 WIB

Program Tanam Sukun Pj Bahtiar Tuai Sorotan, 4 Program Kementan RI Terabaikan?

Berita Terbaru

YOVISTRA Antropometri  Full Set II  Ibu , Bayi dan Anak + Koper.(F ilustrasi /Yovistra)

Headline

Proyek Alkes Dinkes Mamuju 2,5 Miliar, Rekanan Diperiksa

Senin, 27 Mei 2024 - 12:24 WIB

error: Content is protected !!